Saturday, November 1, 2014

PELAYANAN SERTIFIKAT DARI HGB JADI HAK MILIK HANYA 15 MENIT

Cikarang (bekasikab.go.id)-  Demi meningkatkan pelalayanan kepada masyarakat, Badan Pertanahan Nasional (BPN)  BPN Kabupaten Bekasi lakukan layanan dengan sistem jemput bola atau biasa di sebut one day service, setiap akhir pekan ke sejumlah kecamatan.

Salah satunya jumat malam lalu  di perumahan Cibiru desa Cibatu kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Hal ini bertujuan untuk menindak lanjuti surat keputusan BPN RI no 37/kep-3.42/2014 tentang program Quick wins ReformasiBirokrasi Badan Pertanahan Nasional Republik Idonesia tahun 2014

            Penetapan  dan pelaksanaan quick wins bertujuan untuk mengubah sitem dan mekanisme kerja, pola pikir dan budaya kerja secara sistematis dan konsisten sejalan dengan tujuan sasaran reformasi  birokrasi, sehingga pada gilirannya  BPN dapat melayani masyarakat dengan baik.

            Quick BPN meliputi: Pengecekan sertifikat, Peralihan Hak karena jual beli, Perubahan hak dalam rangka peningkatan hak sesuai dengaan peraturan  kepala BPN RI no 6 tahun 1998, dan penghapusan hak tanggungan ( ROYA).

  Salah seorang warga Cibiru, Ny Ursula Hanna, kepada bekasikab.go.id mengatakan,  i mengatakan bahwa proses peningkatan status sertifikat rumahnya dari Hak Guna Bangunan (HGB) menjadi Hak Milik hanya butuh waktu 15 menit dari semenjak pendaftaran.

"Suatu catatan waktu yang sangat singkat namun hasilnya luar biasa,"  kata Ny Ursula.

            Sementara itu Kepala  BPN Kabupaten Bekasi ,Drs. Dirwan Dachri yang ikut dalam layanan malam itu, mengatakan ,  sesungguhnya layanan ini adalah bentuk kepedulian BPN kepada masyarakat.

"Apabila di daerah lain sudah banyak rumah yang sudah lunas boleh mengusulkan kepada kami untuk peningkatan statusnya dari HGB menjadi Hak Milik,"ujar Dirwan.


Dalam kesempatan yang sama,  kepala BPN juga berharap masyarakat jangan memberikan sesuatu kepada petugas BPN  di luar yang sudah ditentukan pemerintah untuk tetap menjaga kwalitas prima layanan  dan menghindari pungli.


Sumber Berita: http://www.bekasikab.go.id/berita-bpn-kabupaten--bekasi-adakan-one-day-service.html#ixzz3IjTVbqt7

admin